Posisi Tidur yang Baik untuk Ibu Hamil 6 Bulan dan Treatment yang Dianjurkan

Ilustrasi posisi tidur yang baik untuk ibu hamil 6 bulan. Foto. dok. SDI Productions (Unsplash.com)
Saat ibu mengandung bayi, terdapat berbagai treatment khusus yang perlu diperhatikan baik bagi ibu maupun ayah. Hal ini dilakukan sebagai cara untuk menjaga kesehatan calon buah hati dan sang ibu. Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah posisi tidur yang baik untuk ibu hamil 6 bulan. Untuk mengetahuinya secara lengkap, mari kita simak pemaparannya dalam artikel berikut ini.

Posisi Tidur yang Baik untuk Ibu Hamil 6 Bulan dan Cara Menjaga Kesehatan Kandungan

Ibu hamil memiliki kondisi yang relatif lebih rentan dibanding kondisi perempuan yang tidak mengandung. Terlebih saat ibu mulai menginjak usia kandungan di bulan tertentu. Hal ini membuat banyak calon ibu dan ayah lebih berhati-hati dalam menjaga kondisi agar ibu dan calon buah hati tetap dalam kondisi stabil dan sehat. Salah satu hal yang perlu diperhatikan baik ibu maupun ayah adalah posisi tidur yang baik untuk ibu hamil 6 bulan.
Ilustrasi posisi tidur yang baik untuk ibu hamil 6 bulan. Foto. dok. Natalia Kuzina (Unsplash.com)
Posisi tidur terbaik untuk ibu hamil di usia 6 bulan adalah miring ke salah satu sisi tubuh. Posisi tidur tersebut kondisi rahim tidak menekan pembuluh darah, tidak menghalangi gerak paru-paru maupun organ lainnya. Tak hanya itu, dengan tidur dalam posisi miring, otot-otot punggung ibu tidak akan menjadi tegang.

Hal tersebut sesuai dengan yang dijelaskan dalam buku berjudul Tanya Jawab Issue, Mitos & Penyakit Seputar Kehamilan yang disusun oleh dr. Purnawan Senoaji, SpOG, ‎Juliagar R. N. (2012: 39) yang memaparkan bahwa kalau sudah di atas 6 bulan baru harus dibiasakan tidur miring ke kiri. Dengan posisi tidur yang benar selama kehamilan, akan memperbaiki aliran darah ke janin dan mencegah timbulnya bengkak pada kaki.

Ilustrasi posisi tidur yang baik untuk ibu hamil 6 bulan. Foto. dok. globalmoments (Unsplash.com)

Panduan Lengkap Hamil Sehat: Pegangan Wajib Para Calon Ibu yang ditulis oleh Lutfiatus Sholihah (2016:169) posisi tidur ketika hamil semakin besar kehamilan, selain tidak nyaman tidur telentang, memang kurang baik bagi janin. Ketika si ibu hamil tidur terlentang, berat bayi bersama dengan plasenta dan cairan amnion akan menekan aliran darah ke rahim dan ke pembuluh darah balik si ibu.

Oleh karena itu, ibu hamil yang tidur terlentang setelah usia kehamilan 5 atau 6 bulan, biasanya akan mengalami pusing-pusing, karena turunnya pengiriman darah. Posisi tidur yang dianjurkan bagi ibu hamil adalah tidur miring. Untuk menjaga agar ketika Anda tertidur tidak terguling dan kembali terlentang, ganjal bagian belakang Anda dengan bantal, sambil Anda memeluk guling.

Selain memperhatikan posisi tidur, Anda juga perlu mengetahui cure khusus apa yang dapat membantu ibu dan buah hati agar tetap sehat dan match. Ibu hamil sebaiknya menghindari konsumsi makan makanan yang mengandung pengawet, menggunakan sepatu hak tinggi, dan hindari aktivitas berat yang dapat membuat ibu kelelahan berat.

Setelah mengetahui bagaimana posisi tidur yang baik untuk ibu hamil 6 bulan, Anda dapat menjaga kesehatan sang ibu dan calon buah hati agar lahir dengan sehat dan sempurna. Jangan lupa konsultasikan kandungan secara rutin, ya! (DAP)